Peralatan pendukung lainya

Wednesday, October 20, 2010 § 0

Stanley 94-549 16-Piece Cushion Grip Screwdriver SetKlein JSDS02 7-Piece Journeyman Screwdriver SetMaxtech 16521MX 32-Piece Precision Bit Set 
Peralatan Pendukung yang disebutkan disini adalah peralatan minimum yang dibutuhkan untuk mengawali praktek elektronika. Peralatan diatas saja belum cukup, anda masih memerlukan alat-alat lain yang semakin lama semakin banyak jumlahnya. Peralatan tersebut antara lain :  


Obeng biasanya ukuran 2,5mm untuk pengaturan preset, 3mm untuk sekrup kecil, dan 6mm untuk sekerup plus besar.
    Cables To Go 38008 Precision Wire Stripper (Red)Automatic Wire Stripper with Cutter
    Tang Pengupas Kabel
    Tang pengupas kabel untuk mengupas kulit kabel serabut bentuknya bermacam macam dan menurut pengalaman, saya lebih suka menggunakan tang pengupas kabel seperti pada gambar yang paling kiri waena hijau karena kita tidak harus mengeset ulang bila kita sering sering mengupas beberapa kabelyang berbeda


    Aven 17537 Desoldering Pump, With Anti-Static Tip
    Solder attractor
    Solder attractor (Desoldering iron) alat ini sebenarnya tidak kalah pentingnya bial kita ingin memperbaiki perangkat elektronik yang sering mengganti komponen. Fungsi utamanya untuk mengangkat timah di pcb bila kita ingin melepas komponen.
    SE 6Pc General Purpose Tweezer Set, Size Approx. 4 1/2"-7"
    Pinset
    Pinset digunakan untuk untuk memegang komponen ketika memasang ditempat yang sempit, menjepit atau memegang komponen supaya terhindar dari keringat dari jari tangan kita, membantu mengurangi panas saat menyolder komponen semikonduktor selain itu juga menjauhkan tangan dari kecelakaan akibat terkena panas besi solder.
    Project Board      

    Dan masih banyak lagi peralatan pendukung lainya yang harus dimiliki sebanding dengan meningkatnya kebutuhan, seperti bor tangan, papan percobaan Project board(euro board/bread board) juga akan sangat bermanfaat bila anda tidak ingin susah melakukan percobaan dengan membuat PCB( Printed Circuit Board). Semua itu masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan peralatan modern yang ada sekarang di pasaran. Untuk peralatan lain bisa menyusul tidak perlu kita membelinya sekaligus toh belum tentu begitu berguna untuk elektronika tingkat pemula. :-)

    Anda sedang membaca Peralatan pendukung lainya at Dasar Elektronika.

    meta

    § Leave a Reply