Kode warna resistor

Wednesday, October 20, 2010 § 1

Cara membaca harga resistor
Cara membaca harga resistor. Harga resistor dinyatakan dalam Ohm dan biasa disingkat dengan huruf yunani omega (Ώ). Kata Ohm ini diambil dari nama seorang ahli fisika Jerman. Karena satuan Ohm ini sangat kecil maka maka biasanya resistor dinyatakan dalam kilo Ohm (K) atau mega Ohm (M). Satu kilo ohm sama dengan 1000ohm. Jadi harga 4700 ohm biasanya ditulis 4,7 K atau 4K7. Satuan Megaohm sama dengan 1 juta ohm, jadi harga 100juta ohm ditulis dengan 100M saja.

Berikut cara pembacaan pita pada resistor karbon film. Pada resistor karbon film pemberian harga biasanya di dilakukan dengan melihat pita warna yang ada di badan resistor, ada 4 pita warna yang mempunyai arti masing masing. Untuk pita pertama dan kedua menunjukan angka pertama dan kedua dari nilai resisitor, pita ketiga merupakan faktor pengali dengan pita pertama dan kedua. Tabel dibawah merupakan warna pita yang mewakili angka-angka resistor, pengali, dan toleransi.
Kode warna Resistor
Jadi misal ada resistor yang memiliki pita hijau biru merah dan emas mempunyai nilai resistor 5600 ohm atau 5K6 toleransi 5% maka harga sesungguhnya berada pada range kurang lebih 5% dari harga nominal diatas. Harga tersebut diperoleh dari data tabel diatas, warna hijau menunjukan angka pertama yaitu 5 pita biru menunjukan angka kedua yaitu 6. Yang kita dapatkan sekarang adalah angka 56 selanjutnya akan dikalikan dengan pita ketiga yaitu merah yang yang menyatakan angka 100. Jadi nilai resistor ini adalah 56 X 100 ohm atau 5600ohm. Untuk pita keempat berwarna emas yang berarti resistor tersebut memiliki range harga kurang lebih 5% dari harga nominal yaitu antara 5320 sampai 5880. Atau bila anda tidak mau susah dalam menghafal kode dalam tabel diatas, anda dapat menggunakan software untuk membaca resistor, caranya pun mudah anda tinggal memilih warna yang sesuai pada badan resistor. Untuk mendapatkan softwarenya silahkan klik link halaman download dibawah ini. 

Anda sedang membaca Kode warna resistor at Dasar Elektronika.

meta

§ 1 Response to “Kode warna resistor”

§ Leave a Reply